Cilegon – Wakil Menteri BUMN sekaligus Komisaris PT PLN (Persero), Aminuddin Ma’ruf, menegaskan kesiapan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang Tol Trans Jawa dan Sumatra untuk melayani masyarakat selama masa mudik serta libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Kesiapan ini dipastikan setelah Aminuddin meninjau langsung SPKLU di Rest Area KM 43 A ruas tol Jakarta - Merak, Banten, yang juga dihadiri oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi (24/12).
Dalam kesempatan tersebut, Aminuddin mengapresiasi upaya PLN dalam menyiapkan infrastruktur SPKLU di jalur Trans Jawa dan Sumatra yang diproyeksikan dapat melayani peningkatan pengguna mobil listrik hingga 2,5 hingga 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, kapasitas SPKLU di jalur mudik telah ditingkatkan delapan kali lipat dari 64 unit menjadi 500 unit.
"Tadi kami sudah cek, semua kendaraan terlayani dengan baik tanpa antrean, sangat nyaman untuk pengguna kendaraan listrik. Kenaikan 2,5 kali lipat pengguna juga direspons oleh PLN dengan meningkatkan kapasitas hingga 8 kali lipat dari tahun lalu," ujar Aminuddin.
Darmawan juga menambahkan, saat ini PLN telah menyiapkan 3.069 unit SPKLU yang tersebar di 2.096 lokasi di seluruh Indonesia. Sebanyak 6 ribu personel SPKLU juga telah disiapkan untuk berjaga 24 jam nonstop.
"Kami memastikan bahwa para pengguna mobil listrik tidak akan mengalami masalah kehabisan daya selama mudik. Pola konsumsi penggunaan SPKLU telah kami petakan berdasarkan tren tahun sebelumnya, termasuk periode Nataru dan Lebaran," jelas Darmawan.
PLN juga menghadirkan fitur Trip Planner melalui aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pengguna mobil listrik merencanakan perjalanan mereka dengan informasi lokasi SPKLU, jarak tempuh, dan kebutuhan pengisian daya.
Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen PLN Icon Plus dalam Siaga Nataru 2024, yang bertujuan memastikan kesiapan dalam menghadapi peningkatan aktivitas selama libur akhir tahun.
PLN Icon Plus telah memobilisasi seluruh 10 Strategic Business Unit (SBU) Regional untuk bekerja sama tidak hanya dengan unit-unit PLN, tetapi juga dengan pihak terkait lainnya. Sinergi PLN Group ini diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati layanan telekomunikasi dan sistem ketenagalistrikan selama momen spesial ini.
PLN Icon Plus telah melakukan persiapan menyeluruh terhadap berbagai infrastruktur vital, meliputi jaringan telekomunikasi, radio komunikasi, cadangan daya POP, backbone jaringan, kabel fiber optic backbone, keamanan siber, hingga pusat kendali operasi (NOC Command Centre). Tim siaga, kendaraan operasional, dan peralatan pendukung lainnya juga sudah dipersiapkan untuk memastikan keandalan layanan.
Untuk mendukung operasional, PLN Icon Plus menyiagakan 10 SBU Regional, 427 basecamp, dan 58 NOC Pusat yang didukung oleh 240 NOC SBU serta 72 NOC Ritel. Lebih dari 630 tim siaga, dengan total lebih dari 2.300 personil, serta 381 motor dan 289 mobil operasional telah siap siaga.
Sebagai bagian dari dukungan terhadap transisi energi, PLN Icon Plus turut memastikan kehandalan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh penjuru negeri, termasuk melalui platform pendukung penggunaan SPKLU, yaitu PLN Mobile dan Charge.in.
Sumber daya yang disiagakan di tingkat unit strategis (SBU) hingga kantor perwakilan (KP) di daerah-daerah spesifik, bergerak aktif dalam membentuk posko siaga dan memobilisasi personel serta peralatan pendukung guna memastikan kestabilan layanan selama periode Nataru.
Untuk menjaga keandalan layanan, PLN Icon Plus menerapkan sistem pemantauan real-time 24/7. Jalur yang masuk kategori waspada dan berbahaya akan mendapatkan prioritas mitigasi dengan langkah-langkah proaktif untuk meminimalkan risiko gangguan.
Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan, “PLN Icon Plus berkomitmen penuh untuk mendukung kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru dengan memastikan stabilitas jaringan telekomunikasi dan mendukung sistem ketenagalistrikan PLN di seluruh Indonesia. Melalui sinergi dengan seluruh SBU dan unit-unit PLN, serta kesiapan personel dan peralatan di seluruh regional, kami memastikan layanan dapat berjalan optimal. Dengan pemantauan berkala dan mitigasi proaktif, PLN Icon Plus siap memberikan pelayanan andal dan terbaik untuk kenyamanan masyarakat.”
PLN Icon Plus berkomitmen untuk menjaga stabilitas jaringan backbone, konektivitas upstream, layanan SPKLU, dan infrastruktur PLN Mobile. Dengan semangat kolaborasi dan dedikasi tinggi, PLN Icon Plus memastikan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman.
Melalui langkah-langkah strategis dan koordinasi yang matang, PLN Icon Plus optimis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat selama periode Siaga Natal dan Tahun Baru 2024-2025.